Senin, 01 Juni 2009

KONSEP MENGAJARKAN ILMU

KONSEP MENGAJARKAN ILMU
PEMBUKAAN
Rasulullah SAW selaku penyampai risalah Islam yang mulia merupakan cerminan yang komprehensif untuk mencapai kesempurnaan sikap, prilaku, dan pola pikir. Bahkan say- yidah ‘Aisyah tatkala ditanya oleh beberapa sahabat mengenai pribadi Rasulullah menyebutkan bahwa Rasulullah itu adalah Al-Qur’an berjalan. Artinya semua kaidah ke hidupan yang ditetapkan islam melalui Al-Qur’an semuanya contoh sudah terdapat dan dijumpai dalam diri Rasulullah SAW. Beliau bukan hanya menjadi seorang nabi dan rosul , tapi juga kepala Negara sekaligus tauladan bagi seluruh ummat. Beliau tidak cuma sekadar bapak tapi juga guru dengan teladan yang baik. Allah SWT sendiri telah memuji keluhuran pribadi Rasulullah SAW dalam ayat-Nya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS.Al-Ahzab : 21)
Sosok Rasulullah SAW yang menjadi pendidik sukses bisa diakui tidak cuma kal angan dunia Islam namun juga dari komentar yang diberikan oleh kalangan Barat seperti Robert L. Gullick Jr. dalam bukunya Muhammad, The Educator menyatakan: “Muhammad merupakan seorang pendidik yang membimbing manusia menuju kemerde kaan dan kebahagiaan yang lebih besar. Tidak dapat dibantah lagi bahwa Muhammad sungguh telah melahirkan ketertiban dan stabilitas yang mendorong perkembangan Islam, suatu revolusi sejati yang memiliki tempo yang tidak tertandingi .”
Hanya konsep pendidikan yang paling dangkallah yang berani menolak keabsa han meletakkan Muhammad diantara pendidik-pendidik besar sepanjang masa, karena dari itu dalam makalah ini sengaja sedikit akan dibahas konsep dalam mengajarkan ilmu menurut Al-Qur’an dan Hadits , serta kekeutamaan mengajarkan ilmu dan kebolehan ha sad dalam ilmu dengan mengemukakan beberapa Hadits sebagai landasannya .

PEMBAHASAN
A. KONSEP MENGAJARKAN ILMU
1. Menurut Al-Qur’an .

Firman Allah dalam surat Al-Jumu’ah ayat 2,
                     
Artinya : “Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata “.
Dari ayat ini kita bisa tahu bahwa Allah mengajarkan bagaimana konsep Nabi Muhammad SAW dalam mengajar, metode proses belajar kenabian, juga tahapan-tahapan psikoterapi Nabi SAW. Sebagaimana disebutkan dalam ayat diatas :
Pertama : Membacakan ayat-ayat Allah. Fungsinya self awareness (penyadaran).
Kedua :Mensucikan mereka agar hatinya bersih, otaknya bersih, dan jiwanya bersih,
Ketiga : Mengajarkan kitab dengan hikmah. Dari sini bisa dikatakan bahwa Nabi SAW adalah seorang psikolog/terapis yang luar biasa. Setelah mereka disucikan, hatinya bersih, otaknya bersih, dan jiwanya bersih,baru Nabi mengajarkan mereka al-kitab dan hikmah [ Hikmah itu bisa dikatakan bernilai filosofis atau segala sesuatu di balik yang nyata, atau muatan-muatan Quran, baik yang tersurat maupun yang tersirat sebagaimana ditemukan oleh Nabi yang kita sebut Sunnah.][ ]
Pendidikan berbasis kenabian sendiri memiliki beberapa tujuan, yakni ;
1. Mengantarkan manusia dapat mengenal dan memahami hakikat dan citra dirinya. Allah berfirman, “Rawatlah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” Rasul juga bersabda, “Ingatlah Tuhanmu dalam nafs-mu (dirimu, jiwamu, darahmu, dan dagingmu).” Artinya, kita disuruh mengenal diri. Ada pepatah mengatakan, “Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.” Dan barangsiapa mengenal Tuhannya, maka tersingkaplah rahasia Tuhannya dan lenyaplah dirinya karena melihat keagungan Tuhannya. Mau tidak mau kita mesti belajar konsep tasawuf.
2. Mengantarkan manusia menjadi cerdas secara kognitif, afektif, dan psikomotorik atau meraih potensi prophetic intelligence. Nabi mengatakan, “Ulama (ilmuwan) adalah ahli waris para nabi.” Artinya, hanya ilmuwanlah yang bisa mengembangkan potensi yang dimiliki para Nabi. Tanpa memiliki potensi itu mustahil dia bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab Nabi sebagai manusia.
3.Membentuk manusia berkepribadian robbani. Allah berfirman, “Tidak layak seorang manusia yang diberi kitab dan hikmah mengatakan kepada manusia ‘Hei, sembahlah aku!’ Sekarang ada indikasi, setiap doktor dan profesor ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain. Mereka takut tidak terhormat, takut tidak terpuji, dan takut tidak terkenal. Itu termasuk musyrik kecil karena pamer dan riya. Akan tetapi, kata Allah, “katakanlah jadikan mereka sebagai orang-orang robbani.” Artinya, kita punya jiwa robbani/jiwa ketuhanan.
4.Mengantarkan manusia sehat sejahtera secara holistik (sehat sejahtera fisik, mental, spiritual, finansial, dan sosial). Orang yang bisa meraih ini maka itulah orang yang dapat meraih hidup bermakna.
2. Menurut Hadits Nabi Muhammad :


Artinya : “ Rosulullah bersabda : Engkau jangan menceritakan kepada kelompok kaum suatu hadits yang tidak dijangkau oleh akal mereka melainkan bisa menjadi fitnah bagi sebagian mereka. [ H.R. Muslim ]
Artinya : Dari Abu Sufyan (sahabat karib Abu Hurairah ) dari Rasulullah s.a.w ber- sabda : Barang siapa yang mengatakan atasku [atas namaku] sesuatu yang tidak per nah aku katakana hendaknya dia menempati tempatnya dineraka dan barang siapa yang berfatwa tampa berdasarkan ilmu maka dosanya ditanggung orang yang ber fatwa. [H.R.Ahmad]
Dari kedua Hadits tersebut diatas dapatlah kita ambil suatu kesimpulan bahwa dalam mengajarkan suatu ilmu kepada seseorang hendaklah disesuaikan de ngan kemampuan akalnya , yang setiap orang tentulah berbeda tergantung perkem bangan intelektual, emosi dan moralnya yang dipengaruhi oleh lingkungan yang ber beda pula.Dalam mengajarkan suatu ilmu juga kita dituntut memiliki landasan yang kuat baik dari Al-Qur’an , Hadits dan sumber hukum lainnya yang dapat dipertang gung jawabkan kebenarannya , agar tidak terjebak kedalam kesesatan baik bagi orang lain maupun diri sendiri .
B. KEUTAMAAN MENGAJARKAN ILMU .
a. Menjadikan seseorang tetap memilki amal yang tidak putus setelah meninggal .
Hadits Nabi :
Artinya : Rosulullah bersabda ;” Jika anak adam mati maka amalnya terputus kecuali tiga hal ; shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat [ yang diajarkan pada orang lain] dan anak shaleh yang mendo’akannya” .[HR. Muslim]
b. Mendapat keistimewaan dari Allah sebagaimana Nabi Muhammad .
Hadits Nabi :
Artinya : Rosulullah bersabda : “Keistimewaan orang ‘alim terhadap orang bodoh seperti keistimewaanku terhadap oaring yang paling rendah diantara kamu. Sesungguhnya Allah, malaikat, warga langit dan bumi sampai dengan semut yang ada dalam lubangnya begitu juga dengan ikan hiu turut mengucapkan shalawat atas para pengajar yang mengajar manusia akan kebaikan “.[HR. Tirmidzi]
c. Sebagai shadaqah yang utama .
Hadits Nabi :


Artinya :” Dari Abu Hurairah, bahwa Rosulullah bersbda : Paling utamanya sha daqa adalah bila seseorang muslim belajar suatu ilmu kemudian dia mengajar -kannya kepada orang lain “. [HR. Ibnu Majah]
d. Termasuk amal shaleh yang ikut setelah meninggal .
Hadits Nabi :



Artinya : “ Dari Abu Hurairah berkata , Rosulullah bersabda : Sesungguhnya ter msuk bagian dari amal shaleh yang ikut kepada orang muslim yang meninggal dunia adalah ilmu yang dia ajarkan dan dia sebarkan kepada orang lain dan anak shaleh yang dia tinggalkan dan mushhaf [al-qur’an] yang dia wariskan atau mes jid yang dia pernah bangun……………..[ HR. Ibnu Majah]

C. KEBOLEHAN HASAD DALAM ILMU .
Pada dasarnya sifat hasad merupakan suatu yang dilarang karena sangat merugi kan dan membahayakan terhadap orang lain bahkan bagi diri orang yang hasad itu sendiri bahkan Nabi Muhammad mengumpamakan seperti api yang membakar kayu bakar terhadap amal baik seseorang .
Tapi dalam hal tertentu diperbolehkan adanya hasad karena bisa mendorong se -seorang untuk berlomba dalam meraih suatu kebaikan sesuai Hadits Nabi :
Artinya : “ Abdullah bin Mas’ud berkata, Nabi Muhammad bersabda : Tidak ada agar sepert kepunyaan orang lain [ hasad ] melainkan pada dua perkara, yaitu pada sese -orang yang mendapat anugerah harta dari Allah dan dia menghabiskannya pada jalan yang benar, dan seseorang yang mendapat anugerah ilmu dari Allah dan dia menga malkan ilmu tersebut dan mengamalkannya “. [HR. Bukhari]
PENUTUP / KESIMPULAN
Dalam bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam mengajarkan suatu ilmu kepada seseorang memerlukan konsep dan metode tertentu diantaranya sesuai dengan ajaran Al-Qur’an diantaranya yaitu : Membacakan ayat-ayat Allah fungsinya self awareness (penyadaran), mensucikan mereka agar hatinya bersih, otaknya bersih, dan jiwanya bersih, mengajarkan kitab dengan hikmah untuk mencapai tujuan pengajaran atau pendidikan yang diberikan antara lain :
a. Mengantarkan manusia dapat mengenal dan memahami hakikat dan citra dirinya
b. Mengantarkan manusia menjadi cerdas secara kognitif, afektif, dan psikomotorik
c. Membentuk manusia berkepribadian robbani
d. Mengantarkan manusia sehat sejahtera secara holistik
Dalam pembahasan masalah keutamaan mengajarkan ilmu kepada orang lain sesuai hadits Nabi dapat diuraikan sebagai berikut :
a. Menjadikan seseorang tetap memilki amal yang tidak putus setelah meninggal
b. Mendapat keistimewaan dari Allah sebagaimana Nabi Muhammad
c. Sebagai shadaqah yang utama .
d. Termasuk amal shaleh yang ikut setelah meninggal
Dalam bahasan yang menyangkut kebolehan hasad dalam ilmu dapat ditunjukkan dengan adanya Hadits Nabi yang disampaikan oleh Abdullah bin Mas’ud dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari .
Demikian pembahasan makalah ini dengan judul “ Konsep Mengajarkan Ilmu “ yang didalamnya juga dibahas Keutamaan mengajarkan Ilmu dan Kebolehan Hasad Dalam Ilmu , mudah-mudahan bermanfaat dengan segala kekurangan dan kelebihannya .
Amien .

DAFTAR RUJUKAN


1. Kitab Madzahib al Arba’ah
2. http://humasuii.multiply.com/journal/item/6/Islamic_Psicology_For_Learning_and_Teaching

3. Said,Bustami,H,Drs .dkk Kumpulan Ayat dan Hadits tentang Pendidikan ,Jurusan Tarbiyah, STAIN, Pamekasan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar